Sabtu, 02 Januari 2016

Makalah Aqidah Akhlaq " Laporan Pengamatan Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Muhammadiyah Treko, Mungkid "



LAPORAN PENGAMATAN
MATERI DAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ

I.       PROFIL SEKOLAH
Nama Sekolah                         : MI Muhammadiyah Treko
Alamat                                     : Dsn. Treko I Desa Treko Kec. Mungkid
                                                  Kab. Magelang
E-mail                                      : mimuhammadiyah.treko@yahoo.co.id
NPSN                                      : 60711262
NSM                                       : 111233080098
Status                                      : Terakreditasi C
Tahun Berdiri                          : 26 Juli 1974
Kurikulum                               : KTSP 2006
Nama Kepala Sekolah            : Anik Wamro’ah, S.Pd

II.    PROFIL GURU AQIDAH AKHLAQ
3x4 bu anik.JPG
Nama               : Anik Wamro’ah, S.Pd
TTL                 : Magelang, 4 Maret 1965
Alamat             : Dsn. Treko I Ds. Treko Kec. Mungkid  
                          Kab. Magelang

Riwayat Pendidikan   :
1.      MI Muhammadiyah Treko
2.      SMP Muhammadiyah Mungkid
3.      MA Muhammadiyah Mungkid
4.      D-2 Tarbiyah – IAIN Walisongo Semarang
5.      S-1 PGSD – Universitas Terbuka ( UT )
            Status                          : Guru Non PNS dan Sudah Sertifikasi

III. LAPORAN PENGAMATAN

A.    STRATEGI PEMBELAJARAN
      Pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Muhammadiyah Treko menggunakan metode Ceramah dan Penugasan, dengan media pembelajaran seadanya berupa buku paket dan LKS, serta kriteria penilaian melalui penilaian lisan, tertulis dan penugasan.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
      Materi pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Muhammadiyah Treko menggunakan referensi buku paket Aqidah Akhlaq terbitan Kementerian Agama dan Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

C.    KESULITAN PEMBELAJARAN
      Kesulitan utama yang terjadi pada saat pembelajaran Aqidah Akhlaq antara lain :
1.      Beberapa siswa kurang fokus terhadap materi pembelajaran.
2.      Keseluruhan siswa secara materi sudah kompeten dan nilainya lebih dari KKM, tetapi terkait penerapan  / aplikasi pada kesehariannya kebanyakan belum bisa sepenuhnya berakhlaqul karimah.

D.    TANTANGAN PEMBELAJARAN
      Beberapa tantangan yang sering terjadi pada saat pembelajaran Aqidah Akhlaq antaralain :
1.      Kurang tersedianya sarana prasarana yang mendukung, seperti LCD proyektor untuk media pembelajaran.
2.      Sejak berkembangnya IPTEK, nilai-nilai kesopanan pada diri siswa terhadap guru ketika mengajar menjadi berkurang.
3.      Beberapa siswa merupakan siswa pindahan / drop out dari sekolah lain, yang sering membuat gaduh dan ramai kegiatan pembelajaran aqidah akhlaq dikelas.

E.     KEKUATAN DAN KELEMAHAN GURU AQIDAH AKHLAQ
1.      Kekuatan
a.       Guru Aqidah Akhlaq MIM Treko memiliki karakter yang ramah, penyabar, humoris dan telaten.
b.      Disamping itu, juga berkarakter tegas dan berwibawa.
c.       Guru tersebut sudah jauh-jauh hari menyiapkan perangkat pembelajaran berupa prota, promes, silabus dan RPP sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.
d.      Guru tersebut ketika mengajarkan materi, terbukti sangat asyik dan menyenangkan.

2.      Kelemahan
a.       Metode yang digunakan terkesan monoton, karena hanya ceramah dan penugasan.
b.      Guru tersebut mengajar bukan pada kompetensi bidang studinya, mengingat beliau adalah alumni jurusan PGSD bukan PAI.

F.     PERHATIAN SEKOLAH
      Pihak sekolah secara keseluruhan menyatakan mendukung pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Muhammadiyah Treko dengan menyediakan masjid secara sukarela untuk semua pembelajaran matapelajaran PAI di MI Muhammadiyah Treko.



G.    PERAN PEMERINTAH
      Peran pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama terhadap pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Muhammadiyah Treko dibuktikan dengan dikirimnya bantuan alquran terjemah, buku-buku paket Aqidah Akhlaq dan mapel PAI lainnya, serta manekin jenazah untuk simulasi. Tetapi selain itu, pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan juga belum sepenuhnya memenuhi sarana prasarana untuk media pembelajaran seperti LCD proyektor untuk sekolah-sekolah dipelosok desa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar