LAPORAN PENGAMATAN
MATERI DAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ
I. PROFIL SEKOLAH
Nama Sekolah :
MI Muhammadiyah Treko
Alamat :
Dsn. Treko I Desa Treko Kec. Mungkid
Kab. Magelang
E-mail :
mimuhammadiyah.treko@yahoo.co.id
NPSN :
60711262
NSM :
111233080098
Status :
Terakreditasi C
Tahun Berdiri :
26 Juli 1974
Kurikulum :
KTSP 2006
Nama Kepala Sekolah
: Anik Wamro’ah, S.Pd
II. PROFIL GURU AQIDAH AKHLAQ

Nama :
Anik Wamro’ah, S.Pd
TTL :
Magelang, 4 Maret 1965
Alamat :
Dsn. Treko I Ds. Treko Kec. Mungkid
Kab. Magelang
Riwayat Pendidikan :
1. MI Muhammadiyah Treko
2. SMP Muhammadiyah Mungkid
3. MA Muhammadiyah Mungkid
4. D-2 Tarbiyah – IAIN Walisongo Semarang
5. S-1 PGSD – Universitas Terbuka ( UT )
Status :
Guru Non PNS dan Sudah Sertifikasi
III. LAPORAN PENGAMATAN
A. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pembelajaran
Aqidah Akhlaq di MI Muhammadiyah Treko menggunakan metode Ceramah dan
Penugasan, dengan media pembelajaran seadanya berupa buku paket dan LKS, serta
kriteria penilaian melalui penilaian lisan, tertulis dan penugasan.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Materi
pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Muhammadiyah Treko menggunakan referensi buku
paket Aqidah Akhlaq terbitan Kementerian Agama dan Majelis Dikdasmen Pimpinan
Pusat Muhammadiyah.
C. KESULITAN PEMBELAJARAN
Kesulitan
utama yang terjadi pada saat pembelajaran Aqidah Akhlaq antara lain :
1. Beberapa siswa kurang fokus terhadap materi pembelajaran.
2. Keseluruhan siswa secara materi sudah kompeten dan nilainya lebih dari KKM,
tetapi terkait penerapan / aplikasi pada
kesehariannya kebanyakan belum bisa sepenuhnya berakhlaqul karimah.
D. TANTANGAN PEMBELAJARAN
Beberapa
tantangan yang sering terjadi pada saat pembelajaran Aqidah Akhlaq antaralain :
1. Kurang tersedianya sarana prasarana yang mendukung, seperti LCD proyektor
untuk media pembelajaran.
2. Sejak berkembangnya IPTEK, nilai-nilai kesopanan pada diri siswa terhadap
guru ketika mengajar menjadi berkurang.
3. Beberapa siswa merupakan siswa pindahan / drop out dari sekolah lain, yang
sering membuat gaduh dan ramai kegiatan pembelajaran aqidah akhlaq dikelas.
E. KEKUATAN DAN KELEMAHAN GURU AQIDAH AKHLAQ
1. Kekuatan
a. Guru Aqidah Akhlaq MIM Treko memiliki karakter yang ramah, penyabar, humoris
dan telaten.
b. Disamping itu, juga berkarakter tegas dan berwibawa.
c. Guru tersebut sudah jauh-jauh hari menyiapkan perangkat pembelajaran berupa
prota, promes, silabus dan RPP sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.
d. Guru tersebut ketika mengajarkan materi, terbukti sangat asyik dan
menyenangkan.
2. Kelemahan
a. Metode yang digunakan terkesan monoton, karena hanya ceramah dan penugasan.
b. Guru tersebut mengajar bukan pada kompetensi bidang studinya, mengingat
beliau adalah alumni jurusan PGSD bukan PAI.
F. PERHATIAN SEKOLAH
Pihak
sekolah secara keseluruhan menyatakan mendukung pembelajaran Aqidah Akhlaq di
MI Muhammadiyah Treko dengan menyediakan masjid secara sukarela untuk semua
pembelajaran matapelajaran PAI di MI Muhammadiyah Treko.
G. PERAN PEMERINTAH
Peran
pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama terhadap pembelajaran Aqidah Akhlaq
di MI Muhammadiyah Treko dibuktikan dengan dikirimnya bantuan alquran terjemah,
buku-buku paket Aqidah Akhlaq dan mapel PAI lainnya, serta manekin jenazah
untuk simulasi. Tetapi selain itu, pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan
juga belum sepenuhnya memenuhi sarana prasarana untuk media pembelajaran
seperti LCD proyektor untuk sekolah-sekolah dipelosok desa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar