A.
Pendahuluan
Pendidikan di negara Indonesia saat ini masih mengalami
berbagai macam persoalan. Persoalan tersebut tidak mudah diselesaikan, karena
substansi yang ditransformasikan selama proses pendidikan dan pembelajaran
selalu berada di bawah tekanan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan
kemajuan masyarakat. Salah satu persoalan pendidikan kita yang masih menonjol
saat ini adalah adanya kurikulum yang mengalami pergantian dari tahun ke tahun
dan membebani peserta didik tanpa ada arah pengembangan yang benar-benarl
diimplementasikan sesuai dengan perubahan yang diinginkan pada kurikulum
tersebut.
Tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan kurikulum selalu
mengarah pada perbaikan sistem pendidikan. Perubahan tersebut dilakukan karena
dianggap belum sesuai dengan harapan yang diinginkan sehingga perlu adanya
revitalisasi kurikulum. Usaha tersebut perlu dilakukan demi menciptakan
generasi masa depan yang berkarakter, yang memahami jati diri bangsanya dan
menciptakan anak yang unggul dan mampu bersaing di dunia internasional.
Kurikulum bersifat dinamis karena selalu berubah-ubah sesuai
dengan perkembangan dan tantangan zaman. Semakin maju peradaban suatu bangsa,
maka semakin berat pula tantangan yang dihadapinya. Persaingan ilmu pengetahuan
semakin gencar dilakukan oleh dunia internasional, sehingga Indonesia juga
dituntut untuk dapat bersaing secara global demi mengangkat martabat bangsa.
Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan yang akan menimpa dunia pendidikan
kita, ketegasan kurikulum dan implementasinya sangat dibutuhkan untuk membenahi
kinerja pendidikan yang jauh tertinggal dengan negara-negara maju di dunia
B.
Pembahasan
1.
Profil Sekolah
Madrasah
Aliyah Negeri 1 Kota Magelang awalnya adalah Madrasah Aliyah Filial dari
Madrasah Aliyah Negeri Parakan Temanggung yang terletak di Jalan Duku Nomor 1
Perum KORPRI Kelurahan Kramat Kecamatan Magelang Utara.
Madrasah
Aliyah Filial Parakan
Temanggung dinegerikan menjadi Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang pada bulan
Juli tahun 1991. Keadaan gedung dan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang adalah
sebagai berikut:
a.
MAPN/ Madrasah Aliyah Persiapan
Negeri
Pada hari Jum’at tanggal 12 November 1982 jam 16.00 WIB di gedungMadrasah
Aliyah Persiapan Negeri Kota Magelang yang beralamat diJalan Duku Nomor 1
Komplek Perumahan KORPRI dengan disaksikanoleh Kepala Kantor Departemen Agama
Kotamadya Magelang dan Kabupaten Magelang, Kepala PGA Negeri 6 tahun Magelang,
Kepala MTs Negeri Magelang dan Guru Madrasah Aliyah, dilangsungkan penyerahan gedung
MAPN dan meubelair dari :
Nama :
H. Sanusi
Jabatan : Pimpinan Proyek
Pembangunan Sarana Agama dan Pendidikan Crash Program tahun 1982/ 1983
Kepada
Nama :
Drs. H. MA. Masduqi
NIP :
150059209
Pangkat :
Penata Muda Tk 1, III/b
b.
MAN 1 Kota Magelang Dulu Filial
MAN Parakan Temanggung
Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama
Islam Departemen Agama Nomor : KEP/ E/ PP.00.6/ 59/ 1984 pada tanggal 03 Maret
1984 MAPN berubah menjadi Madrasah AliyahNegeri Magelang Filial di MAN Parakan Temanggung.
c.
Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota
Magelang
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 137 tanggal 11Juli
1991 Madrasah Aliyah Negeri Magelang Filial di Kotamadya ParakanTemanggung
menjadi Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Kota Magelang dan pindah di Jalan Raya
Payaman Nomor 01 Telp. (029) 369256
mulaitahun 1996.
2.
Visi dan Misi MAN 1 Kota Magelang
a.
Visi
“ Unggul dalam prestasi, terampil
dan berakhlakul karimah”
b.
Misi
1.
Menyelenggarakan pendidikan dengan
pembelajaran yang efektif dan berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik
2.
Menyelenggarakan pendidikan
bernuansa islam dengan menciptakan lingkungan yang agamis di madrasah
3.
Menyelenggarakan pembinaan dan
pelatihan life skill untuk menggali dan menumbuhkembangkan minat, bakat peserta
didik yang berpotensi tinggi agar dapat berkembang secara optimal
4.
Menumbuhkembangkan budaya akhlakul
karimah pada seluruh warga madrasah
3.
Letak Geogarfis
MAN 1 Kota Magelang beralamat di Jalan Raya Payaman
No.1 Kota Magelang. Sekolah ini letaknya cukup strategis yaitu terletak di
Jalan Raya Payaman yang merupakan jalur utama memasuki kota Magelang. Selain
itu, di sekitar MAN 1 Kota Magelang terdapat beberapa pondok pesantren yang bisa
menjadi alternative tempat tinggal sekaligus tempat belajar yang kondusif bagi
para siswa.
4.
Waktu dan Tempat Observasi
Observasi ini dilaksanakan pada hari Rabu, 11
November 2015 pukul 08.15 WIB di ruang kepala sekolah MAN 1 Kota Magelang.
5.
Sumber Data
Nama :
Drs. Martono
Tempat, tanggal lahir :
Kebumen, 15 Maret 2015
Riwayat Pendidikan : SD N
Prembun Kebumen
SMPN Prembun Kebumen
SMA Perguruan Islam RI Jogja
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta
Jabatan :
Wa. Ka. Kurikulum
Lama Tugas :
1999-2015
6.
Hasil Observasi
MAN 1 Kota Magelang beralamat di Jalan Raya Payaman
No.1 Kota Magelang. Memiliki kurang
lebih 1068 siswa yang berasal dari berbagai daerah diantaranya berasal dari
Magelang, Temanggung, Purworejo, Kendal, Wonosobo, dan ada beberapa siswa yang
berasal dari luar jawa. Hal didorong dengan adanya beberapa pesatren yang
berada di sekitar MAN 1 kota magelang sehingga memudahkan para siswa yang
berasal dari beberapa daerah tersebut untuk bermukim.
MAN 1 Kota Magelang
mempunyai 75 Tenaga Pendidik dan Tenaga kependidik. 60 tenaga pendidik
dan 15 tenaga kependidikan, yang kebanyakan sudah berstatus sebagai Pegawai
Negeri Sipil.
MAN 1 Kota Magelang telah menerapkan kurikulum 2013
selama dua tahun ini. Yaitu berlaku untuk kelas X dan kelas XI.
Upaya yang dilakukan oleh MAN 1 Kota magelang
sehingga kurukulum 2013 berjalan secara lancar menurut bapak Martono adalah
dengan pendampingan selama 4 hari, implementasi kurikulum 2013 per mata
pelajaran selama 4 hari untuk masing-masing mata pelajaran, workshop K 13 yang
meliputi pembuatan RPP, Proses Penilaian, dan Metode Pembelajaran.
Kendala- kendala yang dihadapi MAN 1 Kota Magelang
dalam melaksanakan K 13 adalah perubahan laporan hasil belajar siswa yang harus
disesuaikan dengan kurikulum 2013. Dimana Laporan Belajar atau Raport pada
Kurikulum 2013 ditulis berdasarkan Interval serta dihapuskannya sistem ranking.
Hal ini dilakukan untuk meredam persaingan antar siswa. Penilaian pada Raport
kurikulum 2013 dibagi kedalam 3 kolom yaitu Pengetahuan, Keterampilan, dan
Sikap. Setiap kolom nilai (Pengetahuan dan Keterampilan) dibagi lagi menjadi 2
kolom yaitu kolom angka dan kolom huruf, setiap kolom diisi menggunakan nilai
interval. Sekolah merencanakan penerapan kurikulum 2013 pada tahun ajaran
2014/2015 untuk kelas X dan XI mengharuskan adanya perubahan raport secara
keseluruhan.
Menurut bapak Martono selaku WAKA Kurikulum
menyampaikan bahwa kurikulum KTSP dulu anak terlibat sedangkan K 13 anak
terlibat penuh yang penekanannya lebih ke pendidikan karakter siswa yang harus
dibangun sehingga siswa harus bisa mengembangkan setiap materi yang disampaikan
guru. Peran guru disini hanya sebagai fasilitator sehingga siswa lebih banyak
mencari tahu setiap apa yang sedang dipelajari melalui berbagai sumber tidak
hanya terpaku dengan satu sumber.
Dampak pelaksanaan K13 ini menurut bapak Martono
adalah seperti pembaharuan raport hasil belajar siswa, perubahan jam pelajaran,
perubahan mata pelajaran.
Fasilitas K13 yang dimiliki MAN 1 Kota Magelang
sebgai penunjang K 13 diantaranya adalah buku setiap mata pelajaran, sarana pendidikan yang meliputi, Laboratirium
Biologi, laboratorium fisika, laboratorium kimia, laboratorim IPS, Mutimedia,
Laboratorium Agama, ruang computer, perpustakaan, dan masjid.
7.
Daftar Pertanyaan Observasi
yang telah diajukan
a.
Kapan MAN 1 Kota Magelang
didirikan?
b.
Berapa jumlah tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan yang ada di MAN ini?
c.
Berapa jumlah murid yang
bersekolah di MAN 1 kota Magelang ini dan berasal dari mana saja?
d.
Kurikulum apa yang diterapkan di
MAN 1 kota Magelang ini?
e.
Sudah berjalan berapa tahun?
f.
Apa saja upaya yang dilakukan
sehingga pelaksaanaan kurikulum K 13 berjalan secara lancar?
g.
Apa perbedaan k 13 dan KTSP?
h.
Dengan diadakannya perubahan
kurikulum apa dampak bagi sekolah, khususnya peraturan sekolah?
i.
Apa saja fasilitas penunjang K 13?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar