Sabtu, 02 Januari 2016

Review Jurnal Ilmiah Dr. Imam Mawardi, M.Ag ( Dekan FAI Universitas Muhammadiyah Magelang )



REVIEW JURNAL ILMIAH
Dr. IMAM MAWARDI, M.Ag


Judul Jurnal                 : Transinternalisasi Budaya Pendidikan Islam : Membangun Nilai Etika Sosial dalam Pengembangan Masyarakat

Substansi Pokok          :
1.      Arti penting transinternalisasi budaya pendidikan islam
2.      Peran pendidikan islam dalam pengembangan Masyarakat
3.      Ide-ide sentral pendidikan islam

Manfaat yang bisa dikembangkan dari jurnal :
Dengan membaca jurnal tersebut, kita bisa memanfaatkan transinternalisasi budaya pendidikan islam untuk memulihkan etika sosial yang telah mulai luntur di masyarakat .

Argumen terhadap isi Jurnal :
Pendidikan islam adalah pelestari dan penyambung nilai-nilai etika sosial masyarakat. Oleh karena itu, paradigm yang perlu dibangun adalah bagaimana melakukan menyesuaikan pendidikan Islam dengan perubahan-perubahan social berdasarkan sifat kemodernan yang dilandasi ketentuan ketentuanmoral, sebagaimana yang digariskan dalam ajaran Islam. Dengan etika sosial, pendidikan Islam menjadi jembatan dari percaturan global di seluruh aspek kebudayaan masyarakat, dimulai dari keluarga sampai ke lingkungan yang lebih pelik dan luas. Dengan demikian, sistem pendidikan Islam yang perlu diwujudkan ialah yang bersifat interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner dengan kebijakan yang saling mengikat antara pemenuhan nilai-nilai sosial, agama, budaya dan kebutuhan pasar.




Judul Jurnal                 : ICT ( Information and Comunication Technologi ) sebagai Wahana Transformasi Pendidikan

Substansi Pokok          :
1.      Perubahan dan tantangan teknologi dalam pendidikan
2.      Perkembangan pendayagunaan TIK / ICT untuk pendidikan

Manfaat yang bisa dikembangkan dari jurnal :
Perkembangan pendayagunaan TIK untuk pendidikan, TIK memainkan peran yang sangat luar biasa untuk mendukung terjadinya proses belajar yang active, constructive, collaborative, intentional, conversational, contextualized, dan reflective sehingga dapat memudahkan pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran, serta memberikan manfaat dan kemudahan bagi para guru ketika menyampaikan pelajaran dan murid ketika menyerap pelajaran yang disampaikan bahkan lebih jauh mampu mengelaborasi pembelajaran yang bermakna.

Argumen terhadap isi jurnal :
ICT / TIK  membawa pengaruh yang begitu besar bagi setiap aspek kehidupan, terutama pendidikan. Kekurangan dan hambatan yang ada dalam proses pembelajaran dapat diatasi dengan memanfaatkan perkembangan TIK. Arti  TIK bagi dunia pendidikan berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan. Namun, kenyataannya di Indonesia baru memasuki tahap mempelajari berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan TIK. Hal ini disebabkan adanya berbagai kendala yang ada dalam usaha pemanfaatan TIK di dunia pendidikan Indonesia. Hal ini membuktikan ketertinggalan Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain, seperti Amerika dan Cina. Di negara tersebut, penggunaan TIK dalam proses pembelajaran sudah merupakan hal yang lazim. Oleh sebab itu, kita bersama-sama dengan pemerintah dan pihak lainnya harus saling bahu-membahu dalam penyelenggaraan pemanfaatan TIK di dunia pendidikan Indonesia. Karena teknologi informasi dan komunikasi menjadi kunci untuk menuju sekolah masa depan yang lebih baik.


Judul Jurnal                 : Perbandingan Model Pendekatan Studi Islam Timur Tengah dan Barat

Substansi Pokok          :
1.      Pengertian, ruang lingkup dan tujuan studi islam
2.      Studi islam dalam sisi perbandingan
3.      Spesialisasi keilmuan
4.      Kelemahan Materi dan Metodologi Studi Islam

Manfaat yang bisa dikembangkan dari jurnal :
a.       Mengetahui pengertian, ruang lingkup dan tujuan dari studi islam
b.      Memahami perbandingan studi islam khas timur tengah dan studi islam khas barat
c.       Memahami spesialisasi keilmuan yang diterapkan dalam studi islam
d.      Mengetahui kelamahan materi dan metodologi studi islam

Argumen terhadap isi jurnal :
Model pendekatan studi islam amat sangat perlu dikembangkan , dan lebih baik model studi islam itu memadukan antara pendekatan studi islam timur tengah yang kaya akan khazanah keilmuan islam dengan studi islam khas barat yang kaya akan metodologi.











Judul Jurnal                 : Pendidikan Lifeskill Berbasis Budaya Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Formal

Substansi Pokok          :
1.      Lifeskill sebagai sebuah konsep pendidikan
2.      Nilai-nilai islam sebagai paradigma pendidikan
3.      Transformasi pembudayaan nilai-nilai islam dalam pendidikan lifeskill

Manfaat yang bisa dikembangkan dari jurnal :
1.      Memahami konsep pendidikan lifeskill untuk diterapkan dalam pembelajaran formal
2.      Memahami maksud dan tujuan  posisi nilai-nilai islam sebagai paradigma pendidikan
4.      Memahami transformasi pembudayaan nilai-nilai islam dalam pendidikan lifeskill

Argumen terhadap isi jurnal :
Betapa pentingnya lifeskill / ketrampilan hidup bagi upaya mensukseskan tujuan pendidikan , dimana pendidikan lifeskill merupakan upaya mengkonfirmasikan fungsi kemanusiaan manusia sebagai hamba Allah dan kholifah dimuka bumi yang harus dioptimalkan sehingga mampu membudaya dalam pendidikan formal.











Judul Jurnal                 : Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Softskill Siswa

Substansi Pokok          :
1.      Hakekat dan urgensi softskill di dunia pendidikan
2.      Paradigma model yang dikembangkan untuk meningkatkan softskill siswa

Manfaat yang bisa dikembangkan dari jurnal :
1.      Memahami hakekat softskill
2.      Memahami urgensi dari softkill didunia pendidikan
3.      Memahami paradigma model yang dikembangkan untuk meningkatkan softskill siswa

Argumen terhadap isi jurnal :
Model pembelajaran memang hendaknya diarahkan pada peningkatan softskill siswa disemua matapelajaran. Mengingat softskill merupakan suatu yang urgen dalam kesuksesan dunia pendidikan dimasa kini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar