REVIEW
JURNAL ILMIAH
Dr. IMAM
MAWARDI, M.Ag
Judul
Jurnal : Transinternalisasi
Budaya Pendidikan Islam : Membangun Nilai Etika Sosial dalam Pengembangan
Masyarakat
Substansi
Pokok :
1. Arti penting
transinternalisasi budaya pendidikan islam
2. Peran pendidikan islam
dalam pengembangan Masyarakat
3. Ide-ide sentral pendidikan
islam
Manfaat yang bisa
dikembangkan dari jurnal :
Dengan membaca
jurnal tersebut, kita bisa memanfaatkan transinternalisasi budaya pendidikan
islam untuk memulihkan etika sosial yang telah mulai luntur di masyarakat .
Argumen terhadap isi
Jurnal :
Pendidikan islam adalah pelestari dan
penyambung nilai-nilai etika sosial
masyarakat. Oleh karena itu, paradigm yang perlu dibangun adalah bagaimana melakukan menyesuaikan pendidikan Islam dengan perubahan-perubahan social berdasarkan sifat kemodernan yang dilandasi ketentuan ketentuanmoral, sebagaimana yang digariskan dalam ajaran Islam. Dengan etika sosial, pendidikan Islam menjadi jembatan dari percaturan global di seluruh aspek kebudayaan masyarakat, dimulai dari keluarga sampai ke lingkungan yang lebih pelik dan luas. Dengan demikian, sistem pendidikan Islam yang perlu diwujudkan ialah yang bersifat interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner dengan kebijakan yang saling mengikat antara pemenuhan nilai-nilai sosial, agama, budaya dan kebutuhan pasar.
Judul Jurnal : ICT ( Information and
Comunication Technologi ) sebagai Wahana Transformasi Pendidikan
Substansi Pokok :
1. Perubahan dan tantangan teknologi dalam pendidikan
2. Perkembangan pendayagunaan TIK / ICT untuk
pendidikan
Manfaat yang bisa
dikembangkan dari jurnal :
Perkembangan pendayagunaan TIK untuk
pendidikan, TIK memainkan peran yang sangat luar biasa untuk mendukung
terjadinya proses belajar yang active, constructive, collaborative, intentional,
conversational, contextualized, dan reflective sehingga
dapat memudahkan
pengintegrasian
TIK dalam proses pembelajaran, serta memberikan manfaat dan kemudahan bagi para guru
ketika menyampaikan pelajaran dan murid ketika menyerap pelajaran yang
disampaikan bahkan lebih jauh mampu mengelaborasi pembelajaran yang bermakna.
Argumen terhadap isi
jurnal :
ICT / TIK membawa
pengaruh yang begitu besar bagi setiap aspek kehidupan, terutama pendidikan.
Kekurangan dan hambatan yang ada dalam proses pembelajaran dapat diatasi dengan
memanfaatkan perkembangan TIK. Arti TIK bagi dunia pendidikan berarti
tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program
pendidikan. Namun, kenyataannya di Indonesia baru memasuki tahap mempelajari
berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan TIK. Hal ini disebabkan
adanya berbagai kendala yang ada dalam usaha pemanfaatan TIK di dunia pendidikan
Indonesia. Hal ini membuktikan ketertinggalan Indonesia dibandingkan dengan
negara-negara lain, seperti Amerika dan Cina. Di negara tersebut, penggunaan
TIK dalam proses pembelajaran sudah merupakan hal yang lazim. Oleh sebab itu,
kita bersama-sama dengan pemerintah dan pihak lainnya harus saling bahu-membahu
dalam penyelenggaraan pemanfaatan TIK di dunia pendidikan Indonesia. Karena
teknologi informasi dan komunikasi menjadi kunci untuk menuju sekolah masa
depan yang lebih baik.
Judul Jurnal : Perbandingan Model
Pendekatan Studi Islam Timur Tengah dan Barat
Substansi Pokok :
1. Pengertian, ruang lingkup dan tujuan studi islam
2. Studi islam dalam sisi perbandingan
3. Spesialisasi keilmuan
4. Kelemahan Materi dan Metodologi Studi Islam
Manfaat yang bisa dikembangkan
dari jurnal :
a. Mengetahui pengertian, ruang lingkup dan tujuan
dari studi islam
b. Memahami perbandingan studi islam khas timur tengah
dan studi islam khas barat
c. Memahami spesialisasi keilmuan yang diterapkan
dalam studi islam
d. Mengetahui kelamahan materi dan metodologi studi
islam
Argumen terhadap isi
jurnal :
Model pendekatan
studi islam amat sangat perlu dikembangkan , dan lebih baik model studi islam
itu memadukan antara pendekatan studi islam timur tengah yang kaya akan
khazanah keilmuan islam dengan studi islam khas barat yang kaya akan
metodologi.
Judul Jurnal : Pendidikan Lifeskill
Berbasis Budaya Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Formal
Substansi Pokok :
1. Lifeskill sebagai sebuah konsep pendidikan
2. Nilai-nilai islam sebagai paradigma pendidikan
3. Transformasi pembudayaan nilai-nilai islam dalam
pendidikan lifeskill
Manfaat yang bisa
dikembangkan dari jurnal :
1. Memahami konsep pendidikan lifeskill untuk
diterapkan dalam pembelajaran formal
2. Memahami maksud dan tujuan posisi nilai-nilai islam sebagai paradigma
pendidikan
4. Memahami transformasi pembudayaan nilai-nilai islam
dalam pendidikan lifeskill
Argumen terhadap isi
jurnal :
Betapa pentingnya
lifeskill / ketrampilan hidup bagi upaya mensukseskan tujuan pendidikan ,
dimana pendidikan lifeskill merupakan upaya mengkonfirmasikan fungsi
kemanusiaan manusia sebagai hamba Allah dan kholifah dimuka bumi yang harus
dioptimalkan sehingga mampu membudaya dalam pendidikan formal.
Judul Jurnal : Model Pembelajaran untuk
Meningkatkan Softskill Siswa
Substansi Pokok :
1. Hakekat dan urgensi softskill di dunia pendidikan
2. Paradigma model yang dikembangkan untuk
meningkatkan softskill siswa
Manfaat yang bisa
dikembangkan dari jurnal :
1. Memahami hakekat softskill
2. Memahami urgensi dari softkill didunia pendidikan
3. Memahami paradigma model yang dikembangkan untuk
meningkatkan softskill siswa
Argumen terhadap isi
jurnal :
Model pembelajaran
memang hendaknya diarahkan pada peningkatan softskill siswa disemua
matapelajaran. Mengingat softskill merupakan suatu yang urgen dalam kesuksesan
dunia pendidikan dimasa kini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar