Sabtu, 02 Januari 2016

Makalah Pengembangan Kurikulum PAI " Kurikulum Praktis "

KURIKULUM PRAKTIS
MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PAI
DI MAN 01 KOTA MAGELANG

A.    PENDAHULUAN
1.      Analisis Kebutuhan
            Dewasa ini pendidikan agama menjadi sorotan tajam masyarakat. Banyaknya perilaku menyimpang peserta didik pada sekolah yang tidak sesuai dengan norma agama akhir-akhir ini mendorong berbagai pihak mempertanyakan efektivitas pelaksanaan pendidikan agama di sekolah. Seringnya media cetak dan elektronik menayangkan perilaku amoral peserta didik di sekolah -mulai dari penyalahgunaan narkoba, miras, seks bebas hingga tawuran yang sangat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat- seakan menambah panjang daftar “buku kesalahan” kalangan pendidik sebagai salah satu unsur yang berpengaruh dalam proses pendidikan.
Fenomena tersebut seakan menunjukkan rendahnya kualitas Pendidikan Agama Islam di sekolah sebagai mata pelajaran yang mengedepankan pendidikan di bidang akhlak dan perilaku. Walaupun rendahnya kualitas Pendidikan Agama Islam di sekolah bukan merupakan satu-satunya faktor penyebab terjadinya penyimpangan perilaku siswa sebagaimana dijelaskan di atas, namun peran PAI harus menjadi agen perubahan (agent of change) dalam merubah perilaku siswa ke arah yang lebih baik. Hal ini karena dalam PAI terdapat pesan moral yang didasarkan pada ajaran luhur Ilahiah.
            Memang tidak adil menimpakan tanggung jawab munculnya kesenjangan antara harapan dan kenyataan itu kepada pendidikan agama di sekolah, sebab pendidikan agama di sekolah bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik. Meskipun demikian, perlu diakui bahwa dalam pelaksanaan pendidikan agama masih terdapat kelemahan-kelemahan yang mendorong dilakukannva inovasi pembelajaran terus menerus.
            Pada persoalan keagamaan, tentu perlu mendapatkan perhatian lebih bagi semua komponen pendidikan, mengingat waktu penerapan secara khusus untuk pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah relatif sempit, yaitu hanya dua jam pelajaran dalam seminggu. Sebagian pihak memang tidak mempersoalkan keterbatasan alokasi waktu tersebut. Namun, setidaknya memberikan isyarat kepada pihak yang bertanggungjawab untuk memikirkan secara ekstra pola pembelajaran agama di luar kegiatan formal di sekolah.
Peran aktif dan kreatif guru sangat dituntut untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menunjang pembelajaran PAI terutama pembinaan akhlak peserta didik, melalui keteladanan dan praktek nyata di lingkungannya.
            Jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler PAI di MAN 01 Kota Magelang antara lain  :
1.       Pembiasaan Akhlak Mulia ( SALAM )
            Yaitu kegiatan mengkondisikan yang dilakukan oleh sekolah secara rutin dan berkelanjutan melalui guru PAI dalam membangun karakter ( character building ) keagamaan dan akhlak mulia peserta didik.
Contoh : Pembimbingan penyelenggaraan membaca Al Qur’an, membaca Asmaul Husna, atau shalat Dhuha yang dilakukan setiap hari 15 menit sebelum jam pertama dimulai.
2.       Pesantren Kilat (SANLAT )
            Dilakukan pada waktu libur sekolah, di bulan Ramadhan ataupun di luar Ramadhan. Bisa dilakukan selama 3, 5, 7 hari, atau sesuai kebutuhan.
3.       Tuntas Baca Tulis Al Qur’an ( TBTQ )
            Kegiatan yang dilakukan guru PAI di luar jam intrakurikuler dalam rangka mendidik, membimbing dan melatih baca tulis Al Qur’an. Bisa dilakukan 1 atau 2 kali seminggu.
4.       Ibadah Ramadhan ( IRAMA )
            Dilakukan dalam bentuk penugasan oleh guru PAI kepada seluruh peserta didik melalui buku panduan ataupun format kegiatan ibadah yang harus diisi oleh peserta didik, diketahui dan ditandatangani oleh pihak terkait dan orang tua.
5.       Pekan Keterampilan dan Seni PAI ( Pentas PAI )
        Sebagai wahana kompetisi peserta didik ( TK/SD/SMP/SMA/SMK) dalam berbagai jenis keterampilan dan seni PAI, yang dilakukan mulai tingkat gugus sampai tingkat nasional.  Guru PAI dapat menjadi Pembina dan pendamping siswa dalam proses persiapan dan pelaksanaan Pentas.
6.       Peringatan Hari Besar Islam ( PHBI )
        Berfungsi sebagai syi’ar Islam yang memberikan pengetahuan dan sikap, sekaligus memberikan pengalaman pada siswa dalam mengelola kegiatan PHBI. Pelaksanaan PHBI di sekolah adalah tugas guru PAI bersama pihak terkait.

2.      Permasalahan
1.                  Bagaimana analisis kebutuhan yang mendasari penerapan kurikulum            praktis di MAN 01 Kota Magelang ?
2.                  Bagaimana urgensi kegiatan ekstrakulikuler PAI di sekolah ?
3.                  Bagaimana matrik kurikulum terkait kegiatan ekstrakulikuler tersebut ?

3.      Tujuan
1.                  Memahami analisis kebutuhan yang mendasari penerapan kurikulum            praktis.
2.                  Memahami urgensi kegiatan ekstrakulikuler PAI di sekolah.
3.                  Memahami ragam ekstrakulikuler PAI di sekolah.
4.                  Memahami matrik kurikulum praktis terkait kegiatan ekstrakulikuler.


B.     SASARAN KEGIATAN

Sasaran kegiatan ekstrakulikuler PAI sebagai penerapan kurikulum praktis adalah siswa-siswi MAN 01 Kota Magelang.



C.    MATRIK KURIKULUM

No.
Tujuan
Kegiatan
Metode
Alokasi Waktu
Evaluasi
1
Membangun karakter ( character building ) keagamaan dan akhlak mulia peserta didik.

Berjabat tangan bersama semua guru dan karyawan di pagi hari
-Kolosal
15 menit
Non Test
2
Membiasakan siswa membaca al-quran dan pendalaman terhadap al-quran
Tadarus Al-quran, pembacaan asmaul husna
-Kolosal
30 menit
Post Test
3
Membiasakan  siswa melaksanakan sholat berjamaah dan sholat jumat
Sholat dzuhur berjama’ah, Sholat Jumat
-Kolosal
30 menit
Non Test
4
Membiasakan siswa untuk latihan dakwah
Kultum
-Ceramah
7 menit
Non Test
5
Membiasakan siswa membaca alquran dengan baik dan benar
Murotal, Qiro’ah
-Ceramah
-Simulasi
30 menit
Post Test
6
Membiasakan melakukan kajian islam
Kajian Ar-Rijal, Kajian An-Nisa
-Ceramah
45 menit
Pre Test
7
Membiasakan menulis arab dengan indah
Pelatihan Kaligrafi
-Simulasi
30 menit
Post Test
8
Membiasakan siswa mengasah bakat dibidang seni musik islami
Seni Rebana, Hadroh
-Simulasi
45 menit
Post Test
9
Membiasakan siswa mengekspresikan ragam seni
Pengadaan Mading Islami
-Demonstrasi
60 menit
Non Test
10
Melatih siswa untuk dapat berkomunikasi bahasa arab sederhana
Muhadasah Bahasa Arab
-Ceramah
-Simulasi
60 menit
Post Test

           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar